Sambut datangnya Muharam 1446 H, Para Pedagang di Taman Darmawangsa Kenakan Pakaian Adat

Para anggota Paguyuban Pedangan Darmawangsa yang mengenakan pakaian adat dalam melayani pengunjung dan menyambut datangnya Bulan Muharam 2024.(Anton/Lensamagetan.com)

MAGETAN (Lensamagetan.com) – Menyambut datangnya Tahun Baru Islam atau Muharam 1446 H/2024, ada yang menarik di Taman Darmawangsa, Kelurahan Tambran, Kecamatan Magetan, Sabtu (6/7/2024) malam ini.

Keseruan itu muncul dari Paguyuban Pedagang Darmawangsa (Pandawa) yang selama dua hari, yakni hari ini dan besuk akan mengenakan pakaian adat dalam melayani para pengunjung di Taman Darmawangsa.

Tak hanya itu, para pengunjung juga akan dihibur dengan adanya live musik yang sudah disiapkan oleh para anggota Paguyuban pedagang.

Ketua Paguyuban Pedagang Darmawangsa (Pandawa), Puguh Santoso mengatakan, kegiatan ini adalah inisiatif bersama semua anggota Paguyuban pedagang di Taman Darmawangsa untuk menarik masyarakat.

Selain itu, juga sebagai acara menghormati dan menyambut bulan Muharam yang biasa disebut Bulan Suro oleh masyarakat Jawa.

“Hari ini dan besuk semua pedagang diwajibkan mengunakan pakaian adat, ada yang memakai kebaya, blangkon dan juga pakaian adat Bali,” ujarnya.

Pada hari kedua besuk, lanjut Puguh yang menurutnya salah tepat pada malam 1 Suro, para Paguyuban pedagang akan menggelar selamatan dan tirakatan di Taman Darmawangsa.
“Kalau besuk kita malah ada selamatan dan melekan sampai pagi,” jelasnya.

Puguh berharap, kegiatan yang dilakukan paguyuban ini adalah salah satu upaya untuk memberi warna tersendiri di Taman Darmawangsa dan meramaikannya.

“Kami yakin, selama seluruh anggota Paguyuban komitmen dan kompak, Taman Darmawangsa kedepan akan semakin ramai dan bisa memecah konsentrasi masyarakat yang biasanya hanya ke alun-alun saja,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan