Sejuk, Pemkab Magetan Launching Musrenbang Kecamatan Tahun 2023 di Sumber Molang

Bupati Magetan Suprawoto saat membuka Musrenbang Kecamatan tahun 2023 di Sumber Molang Desa Bedagung Kecamatan Panekan.(Daniel/Lensamagetan.com)

MAGETAN (Lensamagetan.com) – Pemerintah Kabupaten Magetan, resmi memulai kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan atau yang biasa dikenal dengan Musrenbang tahun 2023, Rabu (01/02/2023).

Musrenbang dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2024 kali ini sedikit berbeda dengan Musrenbang pada umumnya, karena kalau biasanya kegiatan dilakukan di ruang tertutup, hari ini Musrenbang digelar di tempat yang sejuk dan indah, yakni di Sumber Molang, tepatnya di Desa Bedagung, Kecamatan Panekan.

Musrenbang tingkat Kecamatan ini, secara resmi dibuka oleh Bupati Magetan, Suprawoto yang hadir didampingi jajaran Forkopimda, Sekda Magetan,Hergunadi, Kepala Bappeda Litbang Magetan, Elmi Kurnianto, Kepala OPD terkait, Camat dan Kepala Desa se- Kabupaten Magetan.

“Dulu musrenbang juga pernah digelar di luar ruangan tetapi ditempat wisata. Untuk kali ini berada di sebuah sumber air, ini semua untuk mengingatkan kita bahwa kita ini sebenarnya diajari oleh alam, air ini muncul ketik ada sebuah jenis pohon tertentu,”kata Bupati Magetan Suprawoto, Rabu (1/2/2023).

Dijelaskan Bupati Suprawoto, bahwa untuk tahun 2023 ini, Pemerintah Kabupaten akan fokus untuk pertumbuhan ekonomi pemerataan, sehingga apa yang menjadi kendala selama 2 tahun bisa teratasi.

Sementara itu, Kepala Bappeda Litbang Magetan, Elmi Kurnianto menambahkan bahwa Musrenbang yang dimulai dengan tingkat Kecamatan tersebut akan berlangsung selama 16 hari kedepan.

“Ini nanti akan dimulai dari Musrenbang tingkat Kecamatan dan dilanjutkan dengan Musrenbang Kabupaten, forum OPD, Musrenbang tematik bahkan Musrenbang ini nanti bisa sampai 2 bulan berlangsung,” jelasnya.

Disinggung terkait kemiskinan ekstrem yang ada di Kabupaten Magetan, Elmi Kurnianto menjelaskan jika dalam tahun ini untuk penurunan angka kemiskinan ekstrem sudah masuk dalam rencana Musrenbang yang resmi dimulai hari ini.

“Terkait dengan Musrenbang RKPD, mereka juga sudah melakukan Musban Musren penyepakatan penerima kemiskinan ekstrem. Itu nanti juga akan ada uji publiknya, siapa saja penerimanya yang telah di verval layak atau tidak. Setelah itu nanti, semua Kecamatan berkumpul dan akan disahkan oleh Bupati Magetan,”tutupnya.(neil/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *