25 Barista Uji Keahlian dalam Fun Battle Latte Art Competition Paratamu Coffee Madiun

Owner Paratamu Coffe Madiun, Anggi Pratama Bersama Para Juara Fun Battle Latte Art Competion.(Daniel/Lensamagetan.com)

MADIUN (Lensamagetan.com) – Menyambut Anniversary yang ke-3, Paratamu Coffee yang berada di Jalan karta Wijaya, Nomor 17, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur, mengadakan event fun battle latte art Competition yang pertama kali di Kota Madiun.

Fun battle latte art competition adalah perlombaan membuat hiasan di permukaan Air Kopi Latte dalam cangkir kopi. Tidak banyak Barista (penyaji kopi) yang mempunyai kemampuan membuat hiasan tersebut.

Owner Paratamu Coffee, Anggi Ptarama mengatakan, event fun battle latte art competition tersebut merupakan ajang unjuk keterampilan para barista (penyaji kopi) yang diikuti tidak hanya peserta dari Madiun saja tetapi banyak yang juga peserta dari luar daerah.

“Untuk coffee shop, fun battle latte art competition ini baru pertama kali. Jadi Paratamu Coffee hadir untuk mengawali dengan tujuan rekan-rekan coffee shop yang ada di Madiun bisa mengikuti apa yang kita lakukan. Sehingga bisa menciptakan barista yang berpotensi kedepannya,”ujar Anggi, Minggu (22/1/2023).

Dijelaskan Anggi, dalam fun battle latte art competition kali ini diikuti 25 peserta dari berbagai daerah. Untuk jurinya adalah para Barista lokal Madiun yang sudah mempunyai prestasi di skala nasional, seperti Ramadhan Adi Pangestu, Profesional Barista dan BA Kakagear Artisan. Kemudian Alfian, Founder Kampworker Roastery serta Memed, Kapten Kapal Hardride Coffee dan Founder Ngopi Madiun, event seperti ini kedepannya akan dijadikan agenda rutin setiap tahun.

“Peserta yang ikut fun battle latte art salah satunya dari Surabaya, Yogyakarta, Malang, Sragen, Ngawi, Nganjuk, Caruban dan Kota Madiun. Harapan kita, semoga bisa memajukan dan menggairahkan barista di Madiun. Sehingga para barista di Madiun khususnya bisa difasilitasi oleh coffee shop lainnya dengan membuat event seperti ini lebih banyak lagi,” imbuhnya.

Sementara itu, Profesional Barista dan BA Kakagear Artisan, Ramadhan Adi Pangestu, yang menjadi salah satu juri dalam fun battle latte art Competition mengungkapkan, bahwa banyak kriteria-kriteria yang akan menjadi penilaian dalam acara tersebut.

Karena peserta dituntut pandai menggambar yang bagus untuk latte art, sekaligus menghasilkan cita rasa kopi yang nikmat.

“Sebenarnya untuk kompetisi seperti ini, selagi mereka menggambar untuk latte art, jadi barista ini juga menghasilkan tekstur minuman yang juga enak. Untuk penilaiannya ada beberapa faktor, seperti simetris, kontrasnya gambar, identiknya gambar, keharmonian dan penyelesaian gambar,”terangnya.

Sebagai informasi, ada pun peraih juara dari fun battle latte art Paratamu Coffee ini yaitu juara 1 diraih Satria Dwi Ramadani dari Balen Coffee Madiun, Juara 2 Aan Kurniawan dari Locomotive Resto and Coffee Sragen, Juara 3 Alfon Rizky dari Nawasena Madiun serta juara 4 Ilham Munil dari Gemar Coffe Madiun.

Seluruh pemenang dalam event ini berhak mendapatkan sertifikat, piala, merchandise dari berbagai sponsor serta uang tunai dari panitia.(niel/ton)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Logo-SMSI-PNG-745-x-250