Mbulan Dadari Ke-9, Bedah Buku “Antuk Amanah Bupati Magetan” Karya Bupati Suprawoto

Bupati Magetan Suprawoto saat membedah buku karyanya yang berjudul Antuk Amanah Bupati Magetan.(Daniel/Lensamagetan.com)

MAGETAN (Lensamagetan.com) – Pemerintah Kabupaten Magetan, melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan menggelar acara Mbulan Dadari di Pendopo Surya Graha Magetan, Sabtu (21/01/2023).

Mbulan Dadari merupakan salah satu kegiatan yang sudah masuk dalam Calendar Of Event 2023, dimana acara tersebut digelar secara rutin oleh Pemkab Magetan.

Dalam acara Mbulan Dadari episode ke-9 kali ini, bersamaan pula membedah buku Bupati dengan judul Antuk Amanah Bupati Magetan yang merupakan karya dari Bupati Magetan Suprawoto. Buku ini terdiri dari 175 halaman dengan menggunakan bahasa jawa.

“Ini merupakan buku ke- 9 yang saya tulis. Saya menulis buku Antuk Amanah Bupati Magetan ini menceritakan semua yang saya alami ketika sebelum dan selama menjadi Bupati Magetan,”kata Bupati Magetan Suprawoto, Sabtu (21/01/2023).

Di depan para undangan yang hadir, Bupati Suprawoto juga menyampaikan secara rinci alasannya kenapa buku dengan judul Antuk Amanah Bupati Magetan tersebut beliau tulis dengan menggunakan bahasa jawa.

“Kalau saya menulis dengan bahasa Indonesia itu sudah banyak, jadi dengan seperti ini saya ingin mengingatkan bahwa kita itu orang jawa sehingga budaya dan bahasa kita bisa tetap dikenal oleh para generasi milenial seperti sekarang ini,” imbuhnya.

Meskipun ditulis menggunakan bahasa jawa atau bahasa daerah, menurut Bupati Suprawoto, tetap tidak mengurangi nilai dari buku tersebut dan akan mudah dimengerti karena menggunakan bahasa keseharian yang sering digunakan.

“Jangan sampai hilang budaya jawa kita. Seperti salah satu buku saya dengan judul Dalane Uripku itu, saya bagikan di sekolah -sekolah agar bisa dibaca anak-anak, dengan harapan bisa mendorong mereka untuk bisa berkarya seperti saya,”ujarnya.(niel/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Logo-SMSI-PNG-745-x-250